PENGARUH PENDEKATAN STEM DALAM MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN KERJA ILMIAH MATERI IPA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PALU

FITRIANSYAH (2021) PENGARUH PENDEKATAN STEM DALAM MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN KERJA ILMIAH MATERI IPA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PALU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitriansyah, 2021. Pengaruh Pendekatan Stem Dalam Model Inkuiri Terbimbing
Terhadap Sikap dan Kerja Ilmiah Materi IPA Pada Siswa Kelas VIII SMP
Negeri 4 Palu. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister,
Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Utama: Sahrul Saehana,
Pembimbing Anggota: I Komang Werdhiana
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah ada pengaruh
pendekatan STEM dalam model inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan kerja
ilmiah materi IPA pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Palu. Penelitian ini
menggunakan penelitian quasi-eksperiment dengan bentuk desain ekperimen kontrol
group pretest-postest. Populasi penelitian berjumlah 288 siswa kelas VIII dan dipilih 64
siswa sebagai sampel penelitian yang terdiri dari 32 siswa kelas VIII Apel sebagai
kleas kontrol dan 32 siswa kelas VIII Manggis sebagai kelas eksperimen.
Pengambilan data menggunakan angket observasi sikap ilmiah dan kerja ilmiah
siswa. Data hasil penelitian di analisis menggunakan Uji metode KolmogorovSmirnov dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh
Pendekatan STEM dalam model Pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap sikap
ilmiah dan kerja ilmiah siswa. Hal ini ditunjukkan pada korelasi antara sikap ilmiah
dan kerja ilmiah pada kelas eksperimen adalah 0,664 dengan siginfikansi 0,000 <
0,005, sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan antara sikap ilmiah dan kerja
ilmiah adalah kuat(signifikan). Koefisien korelasi antara sikap ilmiah dan kerja ilmiah
pada kelas kontrol adalah 0,818 dengan signfikansi 0,000 < 0,005, dengan demikian
dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang kuat antara pendekatan STEM dalam
model inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan kerja ilmiah ilmiah.
Kata Kunci : Pendekatan STEM, Inkuiri terbimbing, Sikap dan Kerja ilmiah

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129056
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item