Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sigi

MUHALLIZA (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sigi. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muhalliza, 2023. “Pengaruh Pembelajaran Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN SIGI”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mohammad Jamhari (2) Hj Masrianih.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Pembelajaran Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN SIGI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental), dengan menggunakan desain posttest only control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN SIGI yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 36 siswa. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas XI IPA2 yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas control menggunakan model pembelajaran konvensional. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis independent sample t tes dengan bantuan aplikasi SPSS windows versi 16. Hasil analisis data diperoleh nilai sig. (2/tailed) yaitu 0,002 < 0,05 artinya H? ditolak dan H? diterima, dengan demikian terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada kelas XI IPA MAN SIGI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129126
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item