PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 9 PALU PADA MATERI KONSEP MOL

MUTIAH (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 9 PALU PADA MATERI KONSEP MOL. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

MUTIAH, 2021. “Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMANegeri 9 Palu pada materi Konsep Mol’’. Program Studi Pendidikan kimia, Jurusan Pendidikan Matematikadan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.Pembimbing : Purnama Ningsih.

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran kooperatiftipe NHT (Numbered Head Together) terhadap hasil belajar kimia pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Palu. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah kelas X SMA Negeri 9 Palu. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X MIA 1 yang berjumlah 26 orangsebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 2 yang berjumlah 26 orang sebagai kelaseksperimen. Hasil analisis data memperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas ekperimenadalah 79,80 dan kelas kontrol adalah 70,03. Analisis pada pertemuan pertama sampai keduaterhadap guru dan siswa di kelas ekperimen menunjukkan dalam kategori baik denganpersentase berturut-turut 3,42, 3,53, dan 84,6,%, 89,4%.Hasil pengujian hipotesis dengan Statistik Uji-t satu pihak memperoleh -ttabel< thitung> + ttabel yaitu -1,67 < 3> +1,67 dengan taraf signifikansi ? = 0,05 sehingga H1diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipeNHT (Numbered Head Together) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 9 Palu Pada materi Konsep Mol.

Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif, Numbered Head Together, hasil belajar, Konsep Mol.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Kimia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129134
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item