Pengaruh Penerapan Teknologi Instruksional Terhadap Self-Efficacy Dan Penguasaan Konsep Dasar Fisika Mahasiswa Pendidikan Fisika

MOH FAHRUL (2024) Pengaruh Penerapan Teknologi Instruksional Terhadap Self-Efficacy Dan Penguasaan Konsep Dasar Fisika Mahasiswa Pendidikan Fisika. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh penerapan teknologi
instruksional terhadap self-efficacy dan penguasaan konsep dasar mahasiswa
Program Studi Pendidikan Fisika di Universitas Tadulako. Sampel terdiri dari 33
mahasiswa semester 3 hingga 5 dari angkatan 2021, 2022, dan 2023. Data self-
efficacy dikumpulkan melalui kuesioner, sementara data penguasaan konsep fisika
dikumpulkan melalui tes. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas,
analisis regresi linier sederhana, dan korelasi Pearson. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan teknologi instruksional memiliki pengaruh
signifikan terhadap self-efficacy dan penguasaan konsep dasar fisika mahasiswa,
dengan pengaruh sebesar 32,9?n 32,5% masing-masing. Selain itu, ditemukan
korelasi positif signifikan antara self-efficacy dan penguasaan konsep dasar fisika
(r=0,562, Sig=0,001). Perbandingan indikator dalam aspek Teknologi Instruksional
menunjukkan bahwa Perangkat Keras yang Digunakan memiliki dampak paling
kecil dengan skor sekitar 1,9. Dalam aspek self-efficacy, indikator keyakinan dalam
memahami konsep dasar fisika adalah yang paling rendah yakni 3,02. Pada
penguasaan konsep dasar fisika, indikator penerapan konsep fisika dalam
pemecahan masalah memiliki skor terendah yaitu 56,9. Temuan ini menunjukkan
bahwa pemahaman konsep dasar fisika membutuhkan perhatian lebih besar dan
intervensi tambahan. Penelitian ini menyarankan bahwa integrasi teknologi
instruksional dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan keyakinan diri dan
pemahaman konsep fisika mahasiswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129200
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item