Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Sindue Tobata

NELVARINA (2022) Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Sindue Tobata. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nelvarina, 2022. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Kelas IV SDN 3 Sindue Tobata. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing: Rizal. Motivasi menopang upaya-upaya dan menjaga agar proses belajar siswa
tetap berjalan. Motivasi dipengaruh oleh berbagai faktor diantaranya penggunaan gadget dan
kebiasaan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan gadget,
dan kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 3 Sindue Tobata
.Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Variabelnya terdiri dari penggunaan gadget
(X1), kebiasaan belajar (X2), dan motivasi belajar (Y). Teknik pengambilan sampel
menggunakan probability sampling jenis simple random sampling dengan taraf kesalahan 5%.
Populasi berjumlah 234 siswa dan sampel sebanyak 134 siswa. Data dianalisis dengan
menggunakan tiga teknik yaitu analisisdeskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan gadget
terhadap motivasi belajar siswa dengan thitung > ttabel (5,055 > 1,976) dan besar sumbangan
pengaruh sebesar 15,0%; (2) terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar
siswa dengan thitung > ttabel (8,012 > 1,976) dan besar sumbangan pengaruh sebesar 33,1; (3)
terdapat pengaruh penggunaan gadget dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap
motivasi belajar dengan Fhitung > Ftabel (35,572 > 3,059); (4) terdapat hubungan antara
penggunaan gadget dan kebiasaan belajar dengan nilai korelasi sebesar 0,554. Berdasarkan
hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget dan kebiasaan belajar secara
bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Disarankan
pada pihak sekolah, guru serta orangtua hendaknya memerhatikan dan membimbing siswa
untuk mengembangkan penggunaan gadget dan kebiasaan belajar yang positif untuk
meningkatkan motivasi siswa sehingga optimal.
Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129383
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item