PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VI SUAL TERHADAP HAS IL BELAJAR S I SWA PADA PEMBELAJARAN PKn DI KELAS IV SDN TONDO

TOMI MARDIANIS KAIMBU (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VI SUAL TERHADAP HAS IL BELAJAR S I SWA PADA PEMBELAJARAN PKn DI KELAS IV SDN TONDO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Tomi Mardianis Kaimbu, (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn di kelas IV SDN Tondo. Hasil
penelitian Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif
Firmansyah
Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh penggunaan media
audio visual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN
Tondo?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di
kelas IV SDN Tondo. Penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen dengan desain
penelitian true experiments jenis Pretest-posttes control group design . Populasi dalam
penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Tondo berjumlah 80 siswa terdiri dari 40
siswa kelas IVA dan 40 siswa kelas IVB. Sampel yang diambil oleh peneliti dari
populasi berjumlah 28 siswa terdiri dari kelas IVA 14 siswa dan kelas IVB juga 14 siswa.
Pengambilan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda, analisis
data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta
pengujian hipotesis menggunakan uji independent sampeles t tests berbantuan program
SPSS Statistics versi 25. Dalam proses pengolahan data untuk mengetahui kedua kelas
mempunyai kemampuan yang sama dapat dilihat dari data tes awal (Pretest) skor rata–
rata (mean) siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol yaitu 39,29 dan dalam
proses pengolahan data tes akhir (Posttest) nilai rata-rata kelas eksperimen 83,50 dan
kelas kontrol 67,28. Pada analisis uji t didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000.
Karena nilai signifikansi (2-tailed) < ? (0,000 < 0,05) maka H0 ditolak dan HA diterima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media audio visual
terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Tondo.
Kunci : Media Audio Visual, Hasil Belajar, Pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129414
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item