Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas II SD Inpres 2 Kotaraya

NI MADE RIKA SETIAWATI (2023) Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas II SD Inpres 2 Kotaraya. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ni Made Rika Setiawati, 2022 Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas II SD Inpres 2
Kotaraya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu
Pemdidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing Azizah, S.Si.M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Media Benda
Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas II SD Inpres
2 Kotaraya. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan the equivalent
pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa dan
sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel
merupakan teknik penarikan sampel dengan cara sampling jenuh. Kelas II A di
Inpres 2 Kotaraya sebagai kelas eksperimen dan kelas II B di SD Inpres 3 Kotaraya
sebagai kelas kontrol. Instrumen hasil belajar berupa tes pilihan ganda yang telah
divalidasi. Berdasarkan hasil posttest yang diberikan pada kelas eksperimen dan
kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol 64,21 dan pretest
kelas eksperimen 61,35. Nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol yaitu 73,85 dan
kelas eksperimen 88,78. Nilai rata-rata posttest eksperimen mengalami peningkatan
dari nilai rata-rata pretest dan ini diperkuat dengan hasil uji hipotesis. Berdasarkan
hasil uji hipotesis akhir diperoleh bahwa nilai signifikan 0,000 karena nilai
signifikan diperoleh < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian
menunjukan bahwa adanya pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret terhadap
hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Kelas II SD Inpres 2 Kotaraya.
Kata kunci : Media Benda Konkret, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129423
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item