Pengaruh Penggunaan Media Bigbook Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas II SD Inpres 3 Talise

FATONA FEYBIANA (2024) Pengaruh Penggunaan Media Bigbook Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas II SD Inpres 3 Talise. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Fatona Feybiana, (2024). Pengaruh Penggunaan Media Bigbook Terhadap
Keterampilan Membaca Siswa Kelas II SD Inpres 3 Talise. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing: Dr. Zulnuraini,
S.Pd.,M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Bigbook
terhadap keterampilan Membaca Siswa Kelas II. Jenis penelitian ini adalah quasi
eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SD Inpres 3 Talise. Sampel
pada penelitian ini berjumlah 44 siswa dari kelas II A dan II B, yang terdiri dari
22 siswa kelas IIA sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa kelas IIB sebagai kelas
kontrol. Instrumen penelitian ini adalah observasi, tes hasil Keterampilan
membaca siswa berupa soal berbentuk teks bacaan dan dokumentasi. Data
dianalisis secara statistik untuk mencari tahu pencapaian signifikan antara dua
kelompok, kelompok eksperimen menggunakan media Bigbook memperoleh nilai
rata-rata posttest 82.95 sedangkan kelas kontrol menggunakan model
konvensional memperoleh nilai rata-rata posttest 79.09. Berdasarkan nilai
signifikan Paired Sample T-Test adalah 0,000, karena nilai signifikan T-test <
0,05 (0,000 < 0,05) dilakukan pada taraf signifikan 5% (0,05), maka Ha diterima
dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan
Media Bigbook terhadap Keterampilan membaca siswa kelas II SD Inpres 3
Talise.
Kata Kunci : Media Bigbook, Keterampilan Membaca

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129424
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item