PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL MATERI KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD INPRES GUNUNG SARI

NI KOMANG MIRA ASTUTI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL MATERI KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD INPRES GUNUNG SARI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual materi kalor terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Gunung Sari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Gunung Sari yang berjumlah 26 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 14 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 12 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa soal tes pilihan ganda. Adapun analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji Normalitas dan uji Homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Independen Sampel T-Test, yang dianalisis menggunakan program SPSS Statistik versi 26. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan nilai signifikan 0,003<0,05 maka menerima Ha dan menolak Ho, artinya media pembelajaran audio visual berpengaruh saat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPA. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Gunung Sari.

Kata kunci : Media Pembelajaran Audiovisual, Hasil Belajar Siswa, IPA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129441
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item