NI MADE BUDI KARIANI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN INTI TONDO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Ni Made Budi Kariani, 2022. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video
terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Inti Tondo. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah, S.Si
M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan
media pembelajaran video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Inti
Tondo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan
metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design.
Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tondo yang berjumlah 38
orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 20 orang dan siswa kelas kontrol
berjumlah 18 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen
penelitian berupa soal tes pilihan ganda. Adapun analisis data menggunakan uji
prasyarat yaitu uji Normalitas dan uji Homogenitas serta pengujian hipotesis
menggunakan uji Independen Sampel T-Test berbantuan program SPSS Statistics
versi 26. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan nilai signifikan
0,042 < 0,05 maka menerima Ha dan menolak Ho, artinya media pembelajaran
video berpengaruh saat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa
khususnya mata pelajaran IPA. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan
media pembelajaran video berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV
SDN Tondo.
Kata kunci : Media Pembelajaran Video, Hasil Belajar Siswa, IPA
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129451 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |