PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI KELOMPOK B1 TK NEGERI PEMBINA SAMPOROA

SURIYANTI S.DG.PABALI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI KELOMPOK B1 TK NEGERI PEMBINA SAMPOROA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suriyanti S. Dg. Pabali (2024) “Pengaruh Penggunaan Media Permainan
Edukatif Puzzle Teradap Perkembangan Kognitif Anak di Kelompok B1 TK
Negeri Pembina Samporoa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing I : Amrullah Dan Pembimbing II
: Hesti Putri Setianingsih.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah perkembangan kognitif anak
belum berkembang sesuai harapan. berkaitan dengan masalah tersebut dilakukan
peneliti dengan bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan media
permainan edukatif puzzle terhadap perkembangn kognitif anak di kelompok B1
TK Negeri Pembina Samporoa. Metode Penelitian yang digunakan adalah
kuantitatif dan jenisnya eksperimen. Subjeknya 16 anak yang terdiri dari 8 anak
laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan
metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengolahan data dilakukan
dengan teknik presentasi dan uji-t. Berdasarkan hasil rekapitulasi pengamatan
perkembangn kognitif anak sebelum diberikan perlakuan media permainan
edukatif puzzle tidak ada anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik, 29,17%
anak dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, 37,5% anak dalam kategori
Mulai Berkembang, 33,33% anak dalam kategori belum berkembang. Sesudah
diberikan perlakuan diperoleh hasil 29,17% anak dalam kategori Berkembang
Sangat Baik, 43,75% anak dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, 27,08%
Mulai Berkembang, dan tidak terdapat anak dalam kategori Belum Berkembang.
Selanjutnya perhitungan data dilakukan dengan teknik uji-t. Sesuai hasil
perhitungan data uji t, karena nilai t hitung 10.987> t tabel 1.753 dengan taraf
signifikan 0,01. Karena sig <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan
H1 diterima, karena ada perbedaan rata- rata hasil sebelum perlakuan dan sesudah
perlakuan yang berarti ada pengaruh penggunaan media permainan edukatif
puzzle terhadap perkembangan kognitif anak di Kelompok B1 TK Negeri
Pembina Samporoa.Sesuai kriteria pengujian hipotesisnya terbukti pada H1
diterima.
Kata Kunci : Media Permainan Edukatif Puzzle, Perkembangan Kognitif Anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129452
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item