Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 5 Palu

LALA WULANDARI (2024) Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 5 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lala Wulandari, 2024. “Pengaruh Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 5 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Nuraini S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Powtoon terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 5 Palu. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 5 Palu yang berjumlah 43 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 22 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 21 orang. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yaitu soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dan analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis Paired sample T-test dengan berbantuan SPSS statistic versi 23. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig yaitu 0,000 atau nilai sig < dari taraf yang ditetapkan yaitu 0,05 (0,000 < 0,05), artinya Ha diterima dan Ho ditolak, artinya media Powtoon berpengaruh digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media Powtoon terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 5 Palu
Kata Kunci : Media Powtoon, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129457
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item