PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALITA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DIKELOMPOK B TK AN-NISA KITA SINGGANI MAKU KECAMATAN DOLO KABUPATEN SIGI

NUR APRILIA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALITA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DIKELOMPOK B TK AN-NISA KITA SINGGANI MAKU KECAMATAN DOLO KABUPATEN SIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nur Aprilia (2021). “Pengaruh Penggunaan Media Realita Terhadap Motivasi
Belajar Anak Di Kelompok B Tk An-Nisa Kita Singgani Maku Kecematan Dolo
Kabupaten Sigi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia
Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. Pembimbing : Drs. I Putu Suwika, M.si
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan motivasi belajar anak
yang kategori sangat rendah .Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui
pengaruh penggunaan media realita terhadap motivasi belajar anak.Metode
penelitian kuantitatif dan jenis penelitian media realita. Adapun subjeknya adalah
anak didik dikelompok B Tk An-Nisa Kita Singgani Maku Kecematan Dolo
Kabupaten Sigi yang berjumlah 15 anak tediri dari 9 anak peempuan dan 6 anak
laki-laki terdaftar pada ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, dokumentasi, wawancara.Pengolaan data dilakukan dengan
teknik presentase dan uji-t.berdasarkan hasil rekapitulasi pengembangan motivasi
belajar anak dalam tiga aspek yang telah diamati, yaitu aspek minat siswa
terhadap pelajaran, aspek semangat siswa untuk melaksanakan tugas, aspek
tertarik pada pembelajaran yang diajarkan. Sebelum maupun sesudah diberikan
perlakuan berupa kegiatan media realita, kategori sangat tinggi (ST) dari 0%
menjadi (22,22%), kategori Tinggi (T) dari (26,67%) menjadi (53,33%), kategori
sedang (S) dari 40% menjadi (13,33%) kategori rendah (33,33%) menjadi
(11,11%). Sesuai hasil data perkembangan uji-t dapat dijelaskan bahwa nilai t
hitung sebesar -26,192> 1,761 dengan signifikan 0,00< 0,05 maka dapat
disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, berarti terdapat pengaruh
penggunaan media realita terhadap motivasi belajar anak di kelompok B TK An
Nisa kita Singgani Maku kecematan dolo kabupaten sigi.
Kata kunci: Penggunaan Media Realita, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129459
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item