Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 05 Model Palu

NINING RIANTI (2020) Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 05 Model Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nining Rianti, 2020 Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Dalam Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 05 Model Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Drs. H. Kamaluddin, M.Si

Kata Kunci : Media Video Animasi, Kooperatif Tipe NHT, Pemahaman Konsep Fisika.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media video animasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas XI SMA Negeri 05 Model Palu. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dan desain penelitian adalah the equivalent pretest-postest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 05 Model Palu dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling purposive. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 5 (n = 28 sebagai kelas eksperimen 1) dan kelas XI MIPA 6 (n = 28 sebagai kelas eksperimen 2). Instrumen penelitian adalah tes pemahaman konsep fisika dalam bentuk pilihan ganda beralasan yang telah divalidasi ahli dan item. Tes pemahaman konsep fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen 1 adalah 12,71 lebih tinggi dari kelas eksperimen 2 yaitu 11,14. Uji hipotesis uji t (dua pihak) diperoleh thitung = 2,69 dan ttabel= 2,00 pada taraf nyata = 0,05. Ini berarti bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0, dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima dengan kata lain terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video animasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap pemahaman fisika pada siswa kelas XI SMA Negeri 05 Model Palu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129470
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item