PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD INPRES 1 TANAMODINDI

NINING AYUNI Z.LAIRI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD INPRES 1 TANAMODINDI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nining Ayuni Z. Lairi, 2021. “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd Inpres 1 Tanamodindi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa Sd Inpres 1 Tanamodindi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan eksperimen dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. desain dalam penelitian ini menggunakan desain “Quasi Eksperimen”. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sd Inpres 1 Tanamodindi dengan jumlah total 40 orang siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu IV A dan IV B, kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes hasil belajar siswa dalam bentuk soal pilihan ganda. Hasil dari pengelolaan data kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata pretest sebesar 66,00 dengan standar deviasi 11,42 dan skor rata-rata posttest sebesar 85,50 dengan standar deviasi 10,50. Berdasarkan hasil pengujuan hipotesis bahwa kelompok eksperimen memiliki Thitung sebesar 4,883 dengan Ttabel 1,685, sehingga nilai signifikan (2-tailed) dari hasil uji T-Test posttest dari kedua kelompok didapat nilai 0,000 maka hipotesis nol H0 ditolak dan hipotesis H1 diterima karena berdasarkan kriteria uji T-Test nilai signifikannya <0,05. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa Sd Inpres 1 Tanamodindi.
Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129479
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item