MUHAMMAD RENDY SAPUTRA (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MAN 2 KOTA PALU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Muhammad Rendy Saputra. 2018. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MAN 2 Kota Palu. Tesis, Program Magister Pendidikan Sejarah. Universitas Tadulako. Ketua Tim Pembimbing Suyuti, Anggota Tim Pembimbing Nuraedah.
Permasalahan penelitian ini, Apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MAN 2 Kota Palu, apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MAN 2 Kota Palu, dan apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dan model pembelajaran langsung secara bersama-sama terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MAN 2 Kota Palu.
Penelitian ini menggunakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan analisis bahwa tidak ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, ini dibuktikan dengan nilai t_hitung adalah -1,562 dengan t_tabel yaitu 2,404. Hal ini menunjukkan nilai t_hitung<t>? (0,133>0,05) maka tidak ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Selain itu, tidak ada pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung terhadap keterampilan berpikir kritis, ini dibuktikan dengan nilai t_(hitung )adalah -0,354 dengan t_tabel yaitu 2,404. Hal ini menunjukkan nilai t_hitung<t>? (0,727>0,05) maka tidak ada pengaruh model pembelajaran langsung terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Serta tidak ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dan model pembelajaran langsung secara bersama-sama terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, ini dibuktikan dengan uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai F_hitung<F>? (0,303 > 0,05)
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share, Pembelajaran Langsung, dan Keterampilan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined]) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Sejarah |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129488 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |