PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PEMBAGIAN BILANGAN BULAT TERHADAP HASILBELAJAR SISWA KELAS VI SDN LASOANI

NUR AFIATUN (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PEMBAGIAN BILANGAN BULAT TERHADAP HASILBELAJAR SISWA KELAS VI SDN LASOANI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nur Afiatun, 2023. “Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual Materi Pembagian Bilangan Bulat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Lasoani”. Hasil. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mufidah

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi pembagian bilangan bulat terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN Lasoani. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi expserimental bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakuakan pada dua kelas yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol, dengan jumlah partisipan sebanyak 53 siswa. Siswa kelas eksperimen berjumlah 26 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berupa soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi pembagian bilangan bulat berpengaruh digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Lasoani. analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test yang dianalisis menggunakan SPSS for Windows. Berdasarkan hasil uji t-test menunjukkan pengaruh signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil dari uji efeck size diperoleh nilai besaran efek ialah sebesar 1.06 yang mana dalam kriteria interpretasi cohen’s nilai ini termasuk dalam kategori tinggi, artinya penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi pembagian bilangan bulat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN Lasoani.
Kata kunci : Pengaruh, Modul Berbasis Kontekstual, Pembagian Bilangan Bulat, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129495
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item