PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PEMBAGIAN BILANGAN BULAT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI SDN LASOANI

NUR AMALIA TRISNA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PEMBAGIAN BILANGAN BULAT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI SDN LASOANI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nur Amalia Trisna, 2023. “Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran
Berbasis Kontekstual Materi Pembagian Bilangan Bulat terhadap Minat
Belajar Siswa Kelas VI SDN Lasoani”. Skipsi. Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. Pembimbing Mufida.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul
pembelajaran berbasis kontekstual materi pembagian bilangan bulat terhadap
minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi
Experimental Design dengan bentuk control group pre-test Post-test design.
Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen yang menggunakan modul
pembelajaran berbasis kontekstual dan kelas kontrol yang menggunakan buku
pelajaran matematika. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN
Lasoani yang berjumlah 53 orang. Kelas eksperimen berjumlah 26 orang dan
kelas kontrol berjumlah 27 orang. Instrumen yang digunakan adalah instumen
angket yaitu pernyataan yang telah di uji validitas dan realibitasnya, dan uji
prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis
berdasarkan hasil uji t menggunakan uji paired sample T-test, yang dianalisis
menggunakan SPSS for windows diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 <
0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan menerima
hipotesis alternative (Ha). Pada hasil uji effect size coghen`s d memiliki nilai
0,006 dengan kriteria interprestasi yaitu sedang dengan presentase 73 % . Hasil
penelitian ini penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada
materi pembagian bilangan bulat berpengaruh terhadap minat belajar siswa
kelas VI SDN Lasoani.
Kata kunci: Modul pembelajaran berbasis kontekstual, Materi Pembagian
Bilangan Bulat, Minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129496
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item