PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN LASOANI

SITI FADLIAH (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN LASOANI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi penjumlahan bilangan bulat terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN Lasoani. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan metode Quasi expserimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VI SDN Lasoani yang berjumlah 41 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 21 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah instrument test yaitu soal pilihan ganda dan analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test yang dianalisis menggunakan SPSS for Windows. Berdasarkan hasil uji t-test menunjukan pengaruh signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi penjumlahan bilangan bulat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN Lasoani. Hasil uji effect size cohen’s d, didapatkan hasil 0,849 yang dalam effect size cohen’s d termasuk kategori tinggi. Hasil ini telah menguatkan uji paired sampel t-test bahwa ada pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi penjumlahan bilangan bulat terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN Lasoani.
Kata Kunci : Modul pembelajaran berbasis kontekstual, Materi penjumlahan bilangan bulat, Hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129499
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item