PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN BULAT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI SD INPRES 3 TONDO

NI KADEK SIKA DEVANI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN BULAT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI SD INPRES 3 TONDO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi perkalian bilangan bulat terhadap minat belajar siswa kelas VI SD Inpres 3 Tondo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk control group pre-test Post-test design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Inpres 3 Tondo yang berjumlah 46 orang. Kelas eksperimen berjumlah 23 orang dan kelas kontrol berjumlah 23 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa angket, analisis data menggunakan uji Paired Sample T-test dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan bantuan program SPSS versi 25.Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig.( 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka hipotesis Ha diterima dan Ho di tolak, artinya modul pembelajaran berbasis kontekstual materi perkalian bilangan bulat berpengaruh terhadap minat belajarSiswa Kelas VI SD Inpres 3 Tondo. Hasil uji effect size dengan menggunakan rumus cohen’s d memperoleh nilai sebesar 0,588 dengan presentase sebesar 69 % yang termasuk dalam kategori sedang.
Kata kunci : Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual, Materi Perkalian Bilangan Bulat, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129502
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item