PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMP NEGERI 1 LEMBORAYA

FIKA ITALIANI DARAE (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMP NEGERI 1 LEMBORAYA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fika Italiani Darae, 2021. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa SMP Negeri 1 Lemboraya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Amiruddin Hatibe.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis Media Video terhadap hasil belajar fisika pada siswa SMP Negeri 1 Lemboraya.
Penelitian ini dilakukan dengan dua kelompok yaitu kelas VIIIA sebagai kelompok kontrol (n = 26) dan kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen (n = 26). Hasil analisis data statistik menggunakan Uji signifikasi (Dua Pihak) diperoleh nilai? t?_hitung>? t?_tabel atau 5,81> 1,68 pada taraf signifikan ?=0,05 dan derajat kebebasan, dk = k-3, sehingga hipotesis dapat diterima. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis data pre-test untuk kelas eksperimen rerata skor yang diperoleh adalah 5,65 sedangkan kelas kontrol rerata skor yang diperoleh adalah 6,65. Dan hasil post-test setelah diberikan perlakuan untuk kelas eksperimen adalah 17, 88, sedangkan kelas kontrol adalah 13,27.
Hasil pengujian pada uji hipotesis ini diperoleh data hasil analisis menunjukan t_hitung>t_tabelatau 5,81>1,68. Hal ini berarti, nilai? t?_hitungberada di luar daerah penerimaan H_0. Dengan demikian, H_0 ditolak dan H_1 diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar antara kelas ekperimen yang menggunakan multimedia interaktif berbasis media video terhadap hasil belajar fisika pada Siswa, dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran secara konvensional. Hal tersebut terjadi setelah di berikan perlakuan terhadap kelas Ekperimen yang menggunakan multimedia interaktif berbasis media video.
Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Media Video,Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129504
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item