PENGARUH PERCOBAAN SAINS SEDERHANA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI KELOMPOK B TK MELATI DESA BOMBA

SHINTA HAMZAH (2022) PENGARUH PERCOBAAN SAINS SEDERHANA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI KELOMPOK B TK MELATI DESA BOMBA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Shinta Hamzah (2022). Pengaruh Percobaan Sains Sederhana Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di Kelompok B TK Melati Desa Bomba. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I : Fitriana, Pembimbing II : Amrullah
Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah perkembangan kognitif anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh percobaan sains sederhana terhadap perkembangan kognitif anak di Kelompok B TK Melati Desa Bomba. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan jenisnya eksperimen. Subjek penelitian ini berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan teknik presentase. Hasil penelitian sebelum diberi perlakuan pada aspek kreativitas mencampur warna, kategori BSB (0%), BSH (20%), MB (26,67%), BB (53,33%), Aspek menyebutkan jenis-jenis warna, kategori BSB (6,67%), BSH (20%), MB (20%) BB (53,33%), Aspek menghasilkan gelembung sabun kategori BSB (0%) BSH (13,33%), MB (20%), BB (66,67%. Hasil penelitian sesudah diberi perlakuan terjadi peningkatan yang signifikan, pada aspek kreativitas mencampur warna, kategori BSB (33,33%), BSH (46,67%), MB (20%), BB (0%), aspek menyebutkan jenis-jenis warna, kategori BSB (40%) BSH (46,67%), MB (13,33%) BB (0%), aspek menghasilkan gelembung sabun kategori BSB (33,33%) BSH (46,67%), MB (13,33%), BB (6,67%). Jika dilihat dari nilai t dapat dijelaskan bahwa t hitung sebesar 13.217 dengan signifikan 0,000. Karena signifikansi <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, berarti terdapat pengaruh percobaan sains sederhana terhadap perkembangan kognitif anak di kelompok B TK Melati Desa Bomba.

Kata Kunci : Percobaan Sains, Perkembangan Kognitif,

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129668
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item