PENGARUH PERMAINAN BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK DI TK MAKAPANDE DESA DIULE

ANAZIA (2023) PENGARUH PERMAINAN BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK DI TK MAKAPANDE DESA DIULE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Anazia, (2022). Pengaruh Permainan Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak di TK Makapande Desa Diule. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Tadulako.

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan berbicara anak yang belum berkembang sesuai harapan di kelompok B2 TK Makapande Desa Diule. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan boneka tangan terhadap kemampuan berbicara pada anak di TK Makapande Desa Diule. Jenis penelitan yang digunakan, yaitu penelitian kuantitatif eksperimen. Adapun subjek penelitian ini adalah seruluh anak yang ada di kelompok B2 TK Makapande Desa Diule yang berjumlah 20 anak, terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan cara presentase. Data hasil rekapitulasi sebelum diberikan perlakuan pada aspek kemampuan menjawab pertanyaan 2 anak (10%) dalam kategor (BSB), 2 anak (10%) dalam kategori (BSH), 4 anak (20%) dalam kategori (MB), dan 12 anak (60%) dalam kategori (BB). Pada aspek kemampuan menyebutkan kosa kata terdapat 2 anak (10%) dalam (BSB), 4 anak (20%) dalam kategori (BSH), 6 anak (30%) dalam kategori (MB), dan 8 anak (40%) dalam kategori (BB). Pada aspek kemampuan menceritakan kembali ceritta terdapat 2 anak (10%) yang masuk kategori (BSB), 3 anak (15%) kategori (BSH), 5 anak (25%) kategori (MB), dan terdapat 10 anak (50%) kategori (BB). Setelah diberikan perlakuan, pada Aspek Kemampuan Menjawab Pertanyaan terdapat 5 anak (25%) Kategori (BSH), 7 anak (10%) Kategori (BSH), 4 anak (20%) Kategori (MB), 12 anak (60%) Kategori (BB). Pada Aspek Kemampuan Menyebutkan Kosa Kata terdapat 6 anak (30%) Kategori (BSH), 9 anak (45%) Kategori (BSH), 5 anak (25%) Kategori (MB), terdapat 0 anak (0%) Kategori (BB). Pada aspek Kemampuan Menceritakan Kembali Cerita, dapat dilihat dari 20 anak, terdapat 4 anak (20%) Kategori (BSB), 8 anak (40%) Kategori (BSH), 6 anak (30%) Kategori (MB), 2 anak (10%) Kategori (BB).

Kata Kunci : Permainan Boneka Tangan, Kemampuan Berbicara

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129707
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item