PENGARUH PERMAINAN LOMPAT TALI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B

NUR RIZKIYAH MUSFIRAH (2024) PENGARUH PERMAINAN LOMPAT TALI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nur Rizkiyah Musfirah (2024). Pengaruh Permainan Lompat Tali Terhadap

Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B TK Bina Anak Bangsa Palu .

Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Jurusan Ilmu

Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako,

Pembimbing I Didik Purwanto dan Pembimbing II Amrullah.

Dalam Penelitian ini terdaat masalah yaitu mengenai kemampuan motorik

kasar anak yang belum berkembang sesuai harapan, yang terlihat dari observasi

awal yang di lakukan oleh peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui

pengaruh permainan lompat tali terhadap kemampuan motorik kasar anak. Metode

penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan

jenis penelitian eksperimen. Adapun Subjek penelitian adalah anak di kelompok B

TK Bina Anak Bangsa yang berjumlah 14 orang pada tahun ajaran 2023/2024.

Teknik pegumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentas?,

dan perlakuan. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji-t

(paired samples tests). Berdasarkan hasil rekapitulasi pengamatan awal dan akhir

dari kegiatan permainan lompat tali terhadap kemampuan motorik kasar anak pada

aspek kekuatan tubuh dalam kategori Berkembang Sangat Baik dari (0%) menjadi

(82,57%), kategori Berkembang Sesuai Harapan dari (0%) menjadi (82,57%),

kategori Mulai Berkembang dari (62,29%) menjadi (82,57%), kategori Belum

Berkembang dari (35,71%) menjadi (14,29%). Aspek keseimbangan tubuh kategori

Berkembang Sangat Baik dari (0%) menjadi (42,86%), kategori Berkembang

Sesuai Harapan dari (28,57%) menjadi (35,71%), kategori Mulai Berkembang dari

(57,14%) menjadi (21,43%), kategori Belum Berkembang dari (14,29%) menjadi

(0%). Aspek kecepatan tubuh kategori Berkembang Sangat Baik dari (0%) menjadi

(35,71%), kategori Berkembang Sesuai Harapan dari (0%) menjadi (14,29%),

kategori Mulai Berkembang dari (57,14%) menjadi (14,29%), kategori Belum

Berkembang dari (42,86%) menjadi (7,14%). Berdasarkan hasil data perhitungan

uji-t diperoleh nilai t hitung sebesar 5.667 dengan nilai signifikan 0,000 Karena

nilai signifikan < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H? diterima,

yang berarti terdapat pengaruh permainan tradisional lompat tali terhadap

kemampuan motorik kasar anak di kelompok B TK Bina Anak Bangsa Palu.

Kata Kunci: Kemampuan Motorik Kasar, Permainan Lompat Tali, Anak Usia

Din

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129713
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item