PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL PETAK UMPET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI KELOMPOK B TK SAMPOROA DWP KOTA PALU

ULFA DWIYANTI (2023) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL PETAK UMPET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI KELOMPOK B TK SAMPOROA DWP KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTAK
Ulfa Dwiyanti (2023), Pengaruh Permainan Tradisional Petak Umpet Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Kelompok B TK Samporoa DWP Kota Palu. Hasil, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Andi Agusniatih, Pembimbing (II) Amrullah.
Masalah utama dalam penelitian ini adalah sosial emosional anak belum berkembang sesuai harapan upaya menyelesaikan masalah tersebut dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan tradisional petak umpet terhadap perkembangan sosial emosional anak di kelompok B TK Samporoa DWP Kota Palu. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Subyek berjumlah 12 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif. Hasil pengamatan sebelum diberikan perlakuan pada aspek berinteraksi (0%) dalam kategori BSB, (25%) kategori BSH, (42%) kategori MB dan (33%) kategori BB. Aspek bertanggung jawab (0%) dalam kategori BSB, (8%) kategori BSH, (67%) kategori MB dan (25%) kategori BB. Aspek menjaga lingkungan (0%) dalam kategori BSB, (8%) kategori BSH, (42%) kategori MB dan (50%) kategori BB. Hasil pengamatan sesudah diberikan perlakuan pada aspek berinteraksi (33%) dalam kategori BSB, (42%) kategori BSH, (50%) kategori MB dan (0%) kategori BB. Aspek bertanggung jawab (17%) dalam kategori BSB, (25%) kategori BSH, (50%) kategori MB dan (8%) kategori BB. Aspek menjaga lingkungan (8%) dalam kategori BSB, (25%) kategori BSH, (50%) kategori MB dan (17%) kategori BB. Jika dilihat dari nilai t dapat dijelaskan bahwa t hitung sebesar -6.268 dengan taraf signifikan 0,000. Karena signifikasi <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ho ditolak dan h1 diterima, berarti terdapat pengaruh penerapan permainan tradisional petak umpet terhadap perkembangan sosial emosional anak di kelompok B TK Samporoa DWP Kota Palu.

Kata Kunci : Permainan Tradisional Petak Umpet, Perkembangan Sosial Emosional

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129751
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item