PENGARUH PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP LEVERAGE PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BEI

LISMIATI LENTA (2023) PENGARUH PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP LEVERAGE PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BEI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan terhadap Leverage. Profitabilitas diukur dengan return on asset, pertumbuhan aset diukur dengan pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan diukur dengan ln total aset.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan didapatkan sebanyak 135 sampel dari 27 perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2017-2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda yang diolah menggunakan program SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap leverage pada perusahaan food and beverage, sedangkan pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap leverage pada perusahaan food and beverage.

Kata kunci: Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Leverage

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129990
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item