RIZKY NEVITA (2023) Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 9 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti bahwa regulasi diri memberikan
pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dalam materi
persamaan linear dua variabel pada kelas VIII SMP Negeri 9 Palu yang berjumlah
352 siswa. Adapun sampel penelitian berjumlah 50 siswa. Jenis penelitian yang
digunakan adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan teknik
pengumpulan data melalui angket regulasi diri dan tes kemampuan pemecahan
masalah materi sistem persamaan linear dua variabel. Hasil penelitian
menunjukkan kemampuan regulasi diri siswa bernilai 52,36 dengan nilai
minimum 40 dan maksimum 65 yang berada pada kategori sedang, dan
kemampuan pemecahan masalah siswa menunjukkan nilai 25,90 dengan nilai
minimum 12 dan maksimum 68 yang berada pada kategori sangat rendah. Hasil
analisis inferensial, uji persyaratan data menggunakan uji normalitas dan uji
linearitas dan uji hipotesis menggunakan uji Rank Spearman. Uji Rank Spearman
memperoleh hasil nilai signifikansi adalah 0,00 ? 0,05 maka artinya ada hubungan
yang signifikan antara regulasi diri dengan kemampuan pemecahan masalah
matematika materi SPLDV. Hasil output juga menunjukkan angka koefisien
korelasi sebesar 0,509 artinya tingkat kekuatan hubungannya adalah cukup atau
cukup kuat dengan arah yang positif.
Kata kunci: Regulasi Diri, Pemecahan Masalah, Persamaan Linear
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/130134 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |