Pengaruh Storytelling Terhadap Pengembangan Nilai Moral Anak Dikelompok B1 TK Kristen Bala Keselamatan Palu

MEILISA GASI (2020) Pengaruh Storytelling Terhadap Pengembangan Nilai Moral Anak Dikelompok B1 TK Kristen Bala Keselamatan Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Meilisa Gasi. (2019). Pengaruh Storytelling Terhadap Pengembangan Nilai Moral Pada Anak Di Kelompok B1 TK Kristen Bala Keselamatan Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako.

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah perkembangan nilai moral anak belum berkembang sesuai harapan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan nilai-nilai moral pada anak di kelompok B1 TK Kristen Bala Keselamatan Palu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian berjumlah 15 anak, terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan, terdaftar pada tahun 2018/2019.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Sebelum pemberian perlakuan hasil penelitian pengembangan moral pada anak dalam aspek bertanggung jawab, tolong menolong dan sopan santun kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) (15,56%), kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) (20%), kategori Mulai Berkembang (MB) (26,67%), kategori Belum Berkembang (BB) (37,77). Dan sesudah Pemberian perlakuan hasil penelitian pengembangan moral pada anak dalam aspek bertanggung jawab, tolong menolong dan sopan santun terjadi peningkatan dengan kategori Berkembang sangat Baik (BSB) (37,77%), kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) (48,89%), kategori Mulai Berkembang (MB) (11,11%), kategori Belum Berkembang (BB) (2,23%). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh storytelling terhadap terhadap pengembangan moral pada anak di kelompok B1 TK Kristen Bala Keselamatan Palu. Terbukti dari hasil pengamatan dari sebelum perlakuan sampai sesudah pemberian perlakuan, yang menunjukkan peningkatan pada kategori BSB dan BSH dan adanya penurunan pada kategori MB dan BB.
Untuk hasil uji statistik untuk nilai rata-rata untuk sebelum perlakuan terdapat 6,40?n sesudah perlakuan mencapai 9,60%. Dan hasil Uji T disimpulkan bahwa t hitung 8,147 > t tabel 2,145, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya ada pengaruh storytelling terhadap pengembangan moral anak di kelompok B1 TK Kristen Bala Keselamatan Palu

Kata kunci: Storytelling, Nilai Moral Anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/130438
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item