PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MATERI REAKSI REDOKS DI SMAN 1 BALAESANG

RINA ANDRIANA (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MATERI REAKSI REDOKS DI SMAN 1 BALAESANG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Rina Andriana, 2022. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Materi Reaksi Redoks di SMAN 1 Balaesang”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,, Universitas Tadulako.
Pembimbing : Kasmudin Mustapa.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas X materi reaksi Redoks di SMAN 1 Balaesang. Penelitian ini termasuk penelitian kuntitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dan MIA 2 SMAN 1 Balaesang berjumlah 54 orang di antaranya 27 siswa MIA 1 dan 27 siswa MIA 2. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan angket motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian bahwa persentase kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen untuk tiap indikator yaitu memberi penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, membuat penjelasan lanjut, strategi dan taktik berturut-turut adalah 82%, 63%, 72%, 68?n 67%. Kelas kontrol untuk tiap indikator yaitu memberi penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, membuat penjelasan lanjut, strategi dan taktik berturut-turut adalah 76%, 54%, 59%, 56%, dan 52%. Hasil persentase angket motivasi belajar kelas eksperimen untuk tiap indikator yaitu perhatian, relevansi, keyakinan, dan kepuasan berturut-turut 84%, 83%, 87,4%, dan 83%, kelas kontrol untuk tiap indikator yaitu perhatian, relevansi, keyakinan, dan kepuasan berturut-turut adalah 76,3%, 81%, 77%, dan 74,4% sehingga strategi pembelajaran blended learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas X materi reaksi Redoks di SMAN 1 Balaesang.

Kata Kunci: Blended Learning, Berpikir Kritis, Motivasi Belajar, Reaksi Redoks

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Kimia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/130453
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item