NISWATI (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A THEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS X SMAN 5 PALU PADA MATERI KONSEP MOL. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Niswati, 2019. Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Kelas X SMAN 5 Palu Pada Materi Konsep Mol. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: (I)Ratman, (II)Purnama Ningsih.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran everyone is a teacher here terhadap hasil belajar dan keterampilan berkomunikasi siswa kelas x SMAN 5 palu pada materi Konsep Mol.Jenis penelitian ini adalah Pre-eksperimental dengan desain Equivalen Pretest-Posttest Group Design. Penelitian ini dilakukan dengan dua kelas perlakuan yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas control (n = 30) dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen (n = 30). Pengujian data hasil penelitian menggunakan analisis statistik uji-t dua pihak dengan uji prasyarat, uji normalitas, dan homogenitas. Hasil analisa data yang diperoleh, hasil belajar pada siswa kelas kontrol nilai X?1adalah 84,85 dengan nilai keterampilan berkomunikasi untuk 3 kali pertemuan yaitu 75,66 76 dan 77,58 sedangkan pada siswa kelas eksperimen nilai X?2 adalah 86,45 dengan nilai keterampilan berkomunikasi untuk 3 kali pertemuan adalah 76,5 78 dan 80,08. Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh – ttabel< t <thitung= -1,68 < 1,07 dengan taraf signifikan (? = 0,05) dan derajat kebebasan = 58. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran everyone is a teacher here terhadap hasil belajar dan keterampilan berkomunikasi siswa kelas x SMAN 5 Palu pada materi Konsep Mol.
Kata Kunci: Everyone is a Teacher Here, Hasil Belajar Dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa, Konsep Mol.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Kimia |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/130455 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |