PENGEMBANGAN E-LKPD BERKARAKTERISTIK MODEL PBL TERINTEGRASI KETERAMPILAN ABAD 21 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

NURAISA (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERKARAKTERISTIK MODEL PBL TERINTEGRASI KETERAMPILAN ABAD 21 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nuraisa. A20221022. 2021. Pengembangan E-LKPD Berkarateristik Model
PBL Terintegrasi Keterampilan Abad 21 untuk Meningkatkan Keterampilan Proses
Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Pembimbing (1) Muslimin dan
Pembimbing (2) Sahrul Saehana. Program Studi Pendidikan Sains, Program
Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-lkpd berkarateristik model
PBL terintegrasi keterampilan abad 21 yang efektif untuk meningkatkan
keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis
penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseach and Development), dengan
model pengembangan ADDIE. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh
peserta didik kelas VIII A di SMPN 4 Tanantovea. Teknik pengumpulan data
penelitian dilakukan dengan menggunakan uji kelayakan e-lkpd melalui pengisian
angket oleh peserta didik, tes pilihan ganda untuk mengukur keterampilan proses
sains dan tes essay untuk mengukur keterampilan berpikir kritis yang diberikan
masing-masing sebanyak dua kali, yaitu sebelum pembelajaran (pretest) dan setelah
pembelajaran (posttest). Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dengan
aplikasi statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kelayakan e-lkpd
berkategori sangat layak dengan skor 93%. Efektifitas e-lkpd pembelajaran untuk
meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik berkategori sangat besar
dengan effect size d cohen 2,61 serta keterampilan berpikir kritis juga masuk
kategori sangat besar dengan effect size d cohen 5,84. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut e-lkpd berkarateristik model PBL terintegrasi keterampilan abad 21 layak
digunakan.
Kata kunci: E-lkpd, PBL (Problem Based Learning), Keterampilan Proses Sains,
Keterampilan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131157
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item