Pengembangan E-Modul Discon Berbasis Android (E-Modul Disroid) Pada Materi Gaya Dan Gerak Bagi Siswa Kelas IV SD Muhamadiyah 1 Palu

SUKMAH IDAYATI (2023) Pengembangan E-Modul Discon Berbasis Android (E-Modul Disroid) Pada Materi Gaya Dan Gerak Bagi Siswa Kelas IV SD Muhamadiyah 1 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sukmah Idayati, 2022. “Pengembangan E-module Discon Berbasis Android (E-
module Disroid) pada Materi Gaya dan Gerak Bagi Siswa Kelas IV SD
Muhammadiyah 1 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Kepenguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah S.Si., M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran yang
terbilang cukup terbatas dan juga kurang menarik dan kurang bervariasi dimana
media pembelajaran terbatas. Terbatasnya media pembelajaran ini juga
menyebabkan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring akibat pandemi yang
sbelumnya terjadi menyebabkan siswa lebih sulit untuk memahami materi yang
guru sampaikan secara daring. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan
e-modulee praktikum IPA berpendekatan discovery learning berbasis Android
yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan
dengan model Borg and Gall yang memiliki 5 tahapan utama yaitu: Melakukan
penelitian pendahuluan dan analisis, mengembangkan produk awal, validasi ahli
dan revisi, ujicoba lapangan skala kecil dan revisi produk, dan ujicoba lapangan
skala besar. Instrumen penelitian menggunakan proses wawancara dan lembar
kuesioner validasi media, validasi materi serta validasi pengguna. Penelitian ini
dilakukan dalam skala kecil dimana subjeknya adalah guru kelas dan 6 orang
siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Palu. Pengumpulan data dalam penelitian ini
dilakukan dengan metode observasi, wawancara, penyebaran angket/kuesioner.
Berdasarkan hasil validasi media, validasi materi, dan uji coba lapangan yang
telah dilakukan didapatkan hasil bahwa pembelajaran menggunakan e-modulee
discon valid dan praktis bagi pengguna dalam proses pembelajaran. Disimpulkan
bahwa e-modulee discon berbasis android (E-modulee disroid) yang
dikembangkan masuk pada kriteria sangat valid dan sangat praktis. Sehingga
modul ini dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas IVsekolah dasar.
Kata kunci; e-modulee, Discon, Android, Discovery Learnig.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131165
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item