Pengembangan Hyperdocs Pada Pembelajaran Kimia Terhadap Keterampilan Kolaboratif Siswa SMA

KUSWANDINI CITRA AGUNG GUMELAR TIMUMUN (2021) Pengembangan Hyperdocs Pada Pembelajaran Kimia Terhadap Keterampilan Kolaboratif Siswa SMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Kuswandini Citra Agung Gumelar Timumun, 2020. Pengembangan Hyperdocs Pada Pembelajaran Kimia Terhadap Keterampilan Kolaboratif Siswa SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Utama: Daud K. Walanda, dan Pembimbing Anggota: Mery Napitupulu.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan HyperDocs pembelajaran kimia yang valid, praktis dan efektif. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan sebutan Research and Development (R&D), dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII MIA SMA Negeri 3 palu. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa pada uji coba terbatas dan 31 siswa pada uji coba produk di kelas XII MIA pada materi penyetaraan reaksi redoks. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu melalui pemberian tes. Keterampilan kolaborasi diperoleh dengan cara memberikan soal uraian (essay test). Pemberian tes dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum pembelajaran (pretest) dan setelah pembelajaran (posttest). Hasil dari penelitian ini yaitu Produk HyperDocs yang dikembangkan memiliki nilai validitas sebesar 75?ngan kriteria valid, RPP, Angket keterlaksanaan pembelajaran, angket keterampilan kolaboratif dan angket respon peserta didik dinyatakan sangat valid dengan nilai rata-rata secara berturut-turut yaitu: 89,82%; 94,45%; 95%; dan 94,17%. HyperDocs yang dikembangkan memiliki nilai praktis dalam keterlaksanaan pembelajaran pertemuan 1 dan 2 sebesar 88,89?n 87,59?ngan kriteria sangat praktis dan respon peserta didik sebesar 81,11?ngan kriteria sangat praktis. HyperDocs yang dikembangkan efektif dalam pembelajaran kimia dilihat dari nilai rata-rata Efek Size Cohen yang didapatkan yaitu sebesar 0,78 yang masuk dalam kriteria Medium. Nilai Efek Size Cohen kelas yaitu 6,74 yang masuk dalam kriteria Large. Keterampilan kolaboratif ada beberapa aspek yaitu : 1) Keterlibatan antar anggota kelompok, 2) Keterlibatan team work dan 3) Keterlibatan hubungan sosial, yang secara berturut-turut diperoleh nilai rata-rata yaitu 86,46%, 82,29%, dan 86,67 %. Nilai rata-rata individu Leader 3,19, Notulen 3,16, Reseach 3,16, dan Member 3.

Kata kunci : HyperDocs, Keterampilan Kolaboratif, Pembelajaran Kimia

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131184
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item