EVI EFRIANI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 TEMA 3 SUBTEMA 1 DI KELAS V SDN KOFALAGADI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTARK
Evi Efriani 2022. Pengembangan media audio visual Pada pembelajaran di
masa pandemi covid-19 tema 3 subtema 1 di kelas V SDN Kofalagadi. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Herlina, S.Pd,
M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan. media audio visual Pada
pembelajaran di masa pandemi covid-19 tema 3 subtema 1 di kelas V SDN
Kofalagadi Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and
Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahap.
Adapun prosedur pengembangan Media pembelajaran video ini hanya menggunakan
4 tahap yaitu: 1) Analisis; 2) Desain; 3) Pengembangan; 4) Implementasi. Data di
peroleh dari SDN Kofalagadi. Validasi produk berdasarkan 3 pakar aspek yaitu ahli
materi, ahli media, dan ahli Bahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh
rata-rata untuk seluruh indikator yaitu 4,75 dengan klasifikasi “sangat baikâ€, hasil
validasi ahli media diperoleh rata-rata untuk seluruh indikator yaitu 4,13 dengan
klasifikasi “Sangat baikâ€, dan hasil validasi ahli bahasa diperoleh ratarata untuk
seluruh indikator yaitu 4,2 dengan klasifikasi “baikâ€, hal ini mengindikasikan bahwa
media pembelajaran video yang dikembangkan layak digunakan. Adapun uji
perorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan untuk menguji keefektifan media
pembelajaran video digunakan angket untuk melihat respon siswa dan guru. Hasil uji
perorangan pada siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,13 dengan klasifikasi yang
dicapai yaitu “ “Baikâ€, uji kelompok kecil pada siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar
4,52 dengan klasifikasi yang di capai yaitu “Sangat baik “ dan uji lapangan pada
siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,77 dengan klasifikasi yang dicapai yaitu
“Sangat baik†pada guru di peroleh nilai rata-rata 4.80 dengan klasifikasi “Sangat
Baikâ€. Berdasarkan hasil validasi uji coba perorangan, kelompok kecil, uji lapangan
dan guru dapat diketahui bahwa media pembelajaran video yang telah dikembangkan
layak dan efektif di jadikan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran tema 3 subtema 1
di kelas V SD.
Kata kunci: Pengembangan, video pembelajaran, audio visual, tematik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131220 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |