PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS GAMBAR (PETA) PADA MATERI “PENGARUH KONDISI GEOGRAFIS TERHADAP KERAGAMAN KEBUDAYAAN INDONESIA” DI SMA NEGERI 5 MODEL PALU

MOH RIDHA WAHYUDI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS GAMBAR (PETA) PADA MATERI “PENGARUH KONDISI GEOGRAFIS TERHADAP KERAGAMAN KEBUDAYAAN INDONESIA” DI SMA NEGERI 5 MODEL PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Implementasi pembelajaran media gambar (peta) di sekolah, kurangnya media pembelajaran yang inovatif untuk menunjang proses pembelajaran dan khususnya belum dikembangkannya pengembangan media gambar (peta) budaya pada pembelajaran geografi untuk kelas X1 MIPA 6 di SMAN 5 Palu dalam proses belajar mengajar pendidik menggunakan buku paket atau buku LKS pada pembelajaran untuk kelas X1 MIPA 6 Pembelajaran sudah menggunakan media pembelajaran tetapi belum menggunakan media yang bervariatif dan inovatif dalam pembelajaran sehingga bersifat monoton dan membosankan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media pembelajaran media gambar (peta) pembelajaran geografi, respon validator dan peserta didik terhadap produkmedia pembelajaran yang dikembangkan. Media pembelajaran ini dibuat untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar bagi pendidik dan peserta didik. Dengan adanya media pembelajaran ini peserta didik lebih antusias dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Sugiyono, yang menggunakan tujuh langkah tahapan dalam penelitian yaitu 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain,. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi ke tempat penelitian, interview (wawancara) kepada pendidik, dan angket validasi yaitu validasi ahli materi, ahli media dan validasi ahli bahasa serta respon peserta didik,. Berdasarkan hasil penilaian dari para ahli yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa dengan hasil validasi yaitu dari ahli materi menilai 3.78, dari ahli media menilai 3.5, dan ahli bahasa menilai 3.49 serta uji coba di sekolah yaitu di SMAN 5 PALU mendapat nilai 3.78 dengan demikian pengembangan media pembelajaran gambar (peta) pad8a pembelajaran geografi untuk kelas X1 MIPA 6 SMAN 5 PALU yang dikembangkan dikategorikan sangat menarik dan layak digunakan sebagai media gamabar ( peta) budaya pada pembelajaran tematik terpadu untuk kelas X1 MIPA 6 SMAN 5 Palu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131253
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item