Pengembangan Media Pop-up Book Terhadap Kemampuan Mitigasi Bencana Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Amin II Desa Bukit Indah Kec. Rio Pakava

ANDI KHASYIAH MAULANI (2024) Pengembangan Media Pop-up Book Terhadap Kemampuan Mitigasi Bencana Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Amin II Desa Bukit Indah Kec. Rio Pakava. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Andi Khasyiah Maulani (2024) “Pengembangan Media Pop-up Book Terhadap
Kemampuan Mitigasi Bencana Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Amin II Desa
Bukit Indah Kec. Rio Pakava. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing 1 : Fitriana, Pembimbing 2 :
Zakiyyatul Imama
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan media Pop-up Book dan untuk menstimulasi kemampuan mitigasi bencana (gempa bumi) anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di TK AlAmin II, Jalan Maliku Jaya, Desa Bukit Indah, Kec. Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, dengan subjek penelitian seluruh anak di kelompok B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan pengembangan (R&D) ini dilakukan untuk (1) mengetahui penerapan media Popup Book terhadap pembelajaran mitigasi bencana dengan menggunakan model ADDIE, (2) mengetahui kemampuan mitigasi bencana anak usia 5-6 tahun dan (3) mengetahui pengembangan media Pop-up Book terhadap pembelajaran mitigasi bencana pada anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan penilaian ahli materi dan media,Ahli Bahasa, dan penilaian oleh Praktisi TK Al-Amin II yang diuji cobakan kepada anak kelompok B. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Analysis berupa (meet assesment) dalam skala kecil berupa wawancara disalah satu lembaga PAUD. Design merupakan tahap
perencanaan produk media Pop-up Book. Development merupakan tahap pembuatan produk serta penilaian produk kepada dosen ahli. Implementation merupakan tahap diujikannya produk kepada anak Kelompok B. Evaluation merupakan tahap revisi dari hasil penelitian dan uji coba lapangan. Hasil penelitian dan pengembangan media Pop-up Book. Menurut penilaian dosen ahli media dan materi menunjukkan skor 91,6?ngan kategori sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi, menurut penilaian dosen ahli bahasa menunjukan
skor 83?ngan kategori sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi dan yang terakhir validasi media yang dilakukan oleh Praktisi TK Al-Amin II menunjukkan skor 95,4?ngan kategori sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi. Dan setelah di lakukan penerapan terdapat perkembangan pada kemampuan mitigasi bencana anak. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa produk media Popup Book untuk pembelajaran mitigasi bencana anak usia 5-6 tahun dapat dikatakan sangat valid dengan kategori sangat layak digunakan.
Kata kunci : Pengembangan, Media Pop-Up Book, Pembelajaran Mitigasi
Bencana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131266
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item