Pengembangan Media Video Pembelajaran Fisika Berbahasa Kaili Pada Materi Besaran Fisika Dan Pengukurannya

NUR'AZNI (2020) Pengembangan Media Video Pembelajaran Fisika Berbahasa Kaili Pada Materi Besaran Fisika Dan Pengukurannya. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nur’azni, 2019. Video Pembelajaran Fisika berbahasa Kaili sebagai Media
Pembelajaran Fisika Materi Besaran Fisika dan Pengukurannya untuk SMP.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika Ilmu
Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Tadulako. Pembimbing (I) Dr. Sahrul Saehana, M.Si, (II) Dr. Amiruddin Hatibe,
M,Si.

Kata kunci: Media Video Pembelajaran Fisika, Bahasa kaili, Besaran Fisika dan
pengukuran.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran dengan menggunakan media video pembelajaran fisika berbahasa
kaili pada materi besaran fisika dan pengukurannya untuk SMP. Penelitian ini
termasuk jenis penelitian pengembangan. Pengembangan ini menggunakan model
ADDIE. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket dan
observasi. Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa
tahap. Adapun tahapan tersebut yaitu: Tahap Analisis, Perancangan,
Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian untuk uji coba
kelayakan Video pembelajaran Fisika berbahasa kaili dilakukan pada siswa kelas
VIID Hasanudin yang berjumlah 20 orang di SMPN 1 Sindue. 1) Uji coba
kelayakan produk dilakukan dengan memberikan kuisioner berupa angket berisi
hal-hal yang berkaitan dengan tingkat kelayakan media video pembelajaran fisika
berbahasa kaili sebagai media pembelajaran. Hasil penilaian pada siswa diperoleh
rata-rata sebesar 3,63 dengan interprestasi ”Sangat setuju’’. 2) Kemudian uji coba
selanjutnya dilakukan pada 10 siswa di kelas eksperimen dan 10 siswa di kelas
kontrol. Hasil penilaian pada kelas eksperimen rata-rata sebesar 3,44 dan kelas
kontrol rata-rata sebesar 3,39. Berdasarkan data tersebut, Video pembelajaran
fisika berbahasa kaili layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131271
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item