PENGEMBANGAN MESIN PENETAS TELUR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KONSEP KALOR UNTUK SISWA SMP

SANTOSO ISMAIL (2024) PENGEMBANGAN MESIN PENETAS TELUR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KONSEP KALOR UNTUK SISWA SMP. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Santoso Ismail, 2024. “Pengembangan Mesin Penetas Telur Sebagai Media Pembelajaran Konsep Kalor Untuk Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Unggul Wahyono, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan mesin penetas telur sebagai media pembelajaran konsep kalor untuk siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap yakni (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi dan (5) evaluasi. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen penelitian. Berdasarkan validasi ahli media menunjukkan skor 3,43 dengan kategori “Sangat Baik” dan hasil penilaian guru mata pelajaran IPA menunjukkan skor 3,58 dengan kategori “Sangat Baik”. Analisis respon tanggapan peserta didik menunjukkan skor rata-rata sebesar 3,40 dengan kategori “Sangat Setuju”. Uji keberhasilan yang diperoleh dari 6 telur ayam yang ditetaskan yaitu 6 menetas, sehingga presentase keberhasilan 100%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Mesin Penetas Telur, Media Pembelajaran, ADDIE

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131274
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item