Pengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 6 SDN BIRO PALU

KIRANA DEWI NOVIANTARI (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 6 SDN BIRO PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kirana Dewi Noviantari,2020. Pengembangan Model Pembelajaran
Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Terhadap Minat Belajar
Siswa Kelas 6 SDN BIRO PALU. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Azizah,S.Si M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran
Nobangan pada Minat Belajar siswa dan mengetahui kevalidan dan kepraktisan
model pembelajaran Nobangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan (Research and Develoment). Penelitian terdiri dari 3fase, yaitu : 1)
Fase penelitian awal, 2) Pengembangan, 3) Validitas.Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas 6 SDN BIRO PALU yang berjumlah 8 siswa. Dalam penelitian ini
terdapat dua jenis data yaitu kuantitaif dan kulitatif. Data kuantitatif yang berupa
lembar kuisioner validasi dan kepraktisan sedangkan data kualitatif berupa hasil
observasi dan wawancara.
Hasil penelitian ini terdiri dari dua yaitu validasi model daan kepraktisan
model. Validasi model pembelajaran nobangan terdiri dari validasi silabus,RPP,
dan buku panduan model pembelajaran nobangan. Hasil validasi silabus
memperoleh nilai 3,31 dengan kriteria “ sangat valid”.Validasi RPP memperoleh
nilai 3,20 dengan kriteria “valid”, dan validasi panduan model pembelajaran
nobangan memperoleh nilai 3,24 dengan kriteria “sangat valid”. Tingkat
kepraktisan model pembelajaran nobangan terdiri darai respon siswa,respon guru,
dan respon pengamat minat belajar siswa. Nilai kepraktisan model oleh siswa
memperoleh nilai 3,69 dengan kriteria “sangat praktis”.Hasil penilaian
kepraktisan guru dari dua kali pembelajaran dengan model pembelajaran
nobangan, memperoleh nilai 3,96 dengan kriteria “sangat praktis”, penilaian
kepraktisan pengamat tentang minat belajar siswa, memperoleh nilai 3,49 dengan
kriteria “sangat praktis ”.Berdasarkan hasil tersebut dapat d isimpulkan bahwa
pengembangan model pembelajaran nobangan pada Minat Belajar siswa kelas 6
SDN BIRO PALU memenuhi kriteria valid dan praktis.
Kata kunci : Model Pembelajaran Nobangan, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131291
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item