RAHMA SAFIRA (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Terhadap Nilai Kreatif Siswa Kelas 5 SD Inpres Perumnas Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Rahma Safira, 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Terhadap Nilai Kreatif Siswa Kelas 5 SD Inpres Perumnas Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Azizah, S.Si., M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran Nobangan pada nilai kreatif dan mengetahui kevalidan dan kepraktisan model pembelajaran Nobangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini terdiri dari 7 langkah menurut sugiyono, yaitu : 1) potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) ujicoba produk dan 7) revisi produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Inpres Perumnas Palu tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 8 siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yang berupa lembar kuisioner validasi dan kepraktisan sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi dan wawancara.
Hasil validasi dari penelitian ini meliputi validasi silabus, RPP, dan buku panduan model pembelajaran Nobangan. Hasil validasi silabus sebesar 3,62 dengan kriteria “sangat validâ€, validasi RPP sebesar 3,69 memenuhi kriteria “sangat validâ€, sedangkan validasi buku panduan model pembelajaran Nobangan sebesar 3,67 dengan kriteria “sangat validâ€. Hasil tingkat kepraktisan model pembelajaran Nobangan meliputi respon siswa, guru dan pengamat nilai kreatif siswa. Hasil respon siswa dengan nilai sebesar 3,67 memenuhi kriteria “sangat praktisâ€, respon guru sebesar 3,53 dengan kriteria “sangat praktisâ€, dan respon pengamat nilai kreatif siswa sebesar 3,24 kriteria “praktisâ€. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran Nobangan pada nilai kreatif siswa kelas 5 SD Inpres Perumnas Palu memenuhi kriteria valid dan praktis.
Kata kunci : Model Pembelajaran Nobangan, Nilai Kreatif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131295 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |