PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI UNTUK USIA SMP

ADISJAM (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI UNTUK USIA SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Adisjam, 2024. Tesis. Pengembangan model pembelajaran teknik dasar passing bawah dalam permainan bola voli untuk usia SMP. Program Studi Magister Pendidikan Jasmani, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Utama: Didik Purwanto, dan Pembimbing Anggota: Andi Saparia.
Keterampilan passing bawah merupakan keterampilan dasar dalam permainan bola voli, tetapi kurangnya model pembelajaran pada permainan passing bawah membuat para siswa kurang memahami keterampilan dasar pada permianan bola voli. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas model pembelajaran teknik dasar passing bawah dalam permainan bola voli untuk usia SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik usia SMP di SMP Al-Azhar Mandiri Palu pada kelas VIII. Uji coba skala kecil melibatkan 1 guru dan 15 peserta didik, sedangkan uji coba skala besar melibatkan 56 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran teknik dasar passing bawah dalam permainan bola voli untuk usia SMP layak berdasarkan validitas dengan nilai 90,03?ngan katagori “sangat valid”. Produk model pembelajaran ini juga terbukti praktis dengan nilai praktis sebesar 88,76 dalam kategori "Sangat Praktis." Selain itu, model pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan passing bawah peserta didik usia SMP dengan nilai effect size Cohen's D sebesar 3,79 dalam kategori "Berefek Besar".
Kata Kunci: Model pembelajaran, passing bawah, bola voli, ADDIE, efektivitas,
ABSTRACT
Adisjam, 2024. The development of a basic underhand passing technique teaching model in volleyball for middle school students. Thesis, Master’s Program in Physical Education, Postgraduate, Tadulako University. Principal Supervisor: Didik Purwanto, and Co-Supervisor: Andi Saparia.
The fundamental skill of underhand passing in volleyball is essential, but the lack of a teaching model for this skill has resulted in students not fully grasping the basic techniques of volleyball. This research aims to describe the feasibility, practicality, and effectiveness of a teaching model for the basic technique of underhand passing in volleyball for middle school students. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model. The subjects of this research are middle school students at SMP Al-Azhar Mandiri Palu in grade VIII. The small-scale trial involved 1 teacher and 15 students, while the large-scale trial involved 56 students. The research results indicated that the development of the teaching model for the basic technique of underhand passing in volleyball for middle school students is feasible, with a validity score of 90.03%, categorized as "very valid." This teaching model is also proven to be practical, with a practicality score of 88.76, categorized as "very practical." Additionally, the teaching model has been shown to be effective in enhancing the underhand passing skills of middle school students, with a Cohen's d effect size of 3.79, categorized as "large effect."
Keywords: Teaching model, underhand passing, volleyball, ADDIE, effectiveness,

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Jasmani
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131299
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item