YULIANA (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN SIMULASI PhET PADA MATERI : HUKUM NEWTON, USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 1 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Yuliana, 2024. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantuan Simulasi PhET pada Materi : Hukum Newton, Usaha dan Energi. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Marungkil Pasaribu, M.Sc.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Simulasi PhET, Hukum Newton, Usaha dan Energi
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbantuan simulasi PhET, mengetahui kelayakan modul berbasis PhET terhadap modul pembelajaran berbantuan simulasi PhET. Materi yang digunakan dalam modul pembelajaran yaitu Hukum Newton, Usaha dan Energi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Model ini memiliki 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh validator ahli materi dan validator ahli media, kemudian modul diberikan kepada guru mata pelajaran dan 27 siswa untuk mengetahui respon terhadap modul yang telah dikembangkan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket/koesioner dengan skala Likert 1-5. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X. Hasil validasi ahli materi mendapatkan rata-rata skor penilaian sebesar 4,50 dengan kategori “Sangat Baikâ€, validasi ahli media mendapatkan rata-rata skor penilaian sebesar 4,44 dengan kategori “Sangat Baikâ€, rata-rata skor penilaian respon guru mata pelajaran sebesar 4,35 dengan kategori “Sangat Setuju†dan hasil penilaian respon siswa didapatkan rata-rata skor penilaian sebesar 4,50 dengan kategori “Sangat Setujuâ€. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbantuan simulasi PhET pada materi Hukum Newton, Usaha dan Energi yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar siswa yang layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131314 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |