NIRVANI OKTAVIA TADUGU (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI SD. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nirvani Oktavia Tadugu, 2020. Pengembangan Modul Pembelajaran Penjumlahan
Bilangan Bulat Berbasis Kontekstual Pada Siswa Kelas VI SD.Skripsi, Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakulktas Keguruan Dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mufidah, S.Pd.,M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk menguji kevalidan dan kepraktisan modul pembelajaran
penjumlahan bilangan bulat bebasis kontekstual pada siswa kelas VI SD. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan Borg and Gall. Adapun prosedur pengembangan modul
hanya menggunakan 7 tahap yaitu: 1) Penelitian dan pengumpulan data; 2)
Perencanaan; 3) Pengembangan draff produk; 4) Uji lapangan awal; 5) Revisi hasil uji
coba lapangan awal; 6) Uji coba lapangan utama dan 7) Penyempurnaan hasil uji coba
lapangan utama. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara dan angket. Data-data tersebut diperoleh dari tiga sekolah yaitu,
SD Satap Baku-bakulu, SDN Tongoa Samporoa dan SD BK Dongi-dongi, dan di setiap
sekolah peneliti melibatkan 4 siswa kelas VI. Validasi produk berdasarkan 2 aspek
yaitu materi dan media. Berdasarkan hasil validasi modul pembelajaran yang
dikembangkan diperoleh hasil validasi media 3,61 (Baik) dan validasi materi 4,14
(Baik) yang mengindikasikan bahwa modul yang dikembangkan valid digunakan.
Adapun produk berdasarkan hasil uji coba lapangan utama untuk menguji kepraktisan
modul digunakan angket untuk melihat respon siswa dan guru. Hasil uji coba lapangan
utama pada siswa diperoleh nilai rata-rata 4,17 (Baik) dan pada guru diperoleh nilai
rata-rata 4,45 (Sangat Baik). Dengan demikian berdasarkan hasil validasi dan uji coba
lapangan utama dapat diketahui bahwa modul pembelajaran penjumlahan bilangan
bulat berbasis kontekstual valid dan praktis sehingga layak digunakan oleh siswa kelas
VI SD.
Kata kunci: Pengembangan, Modul, Penjumlahan, Bilangan Bulat, Kontekstual
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131322 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |