PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XI IPS I SMA NEGERI 5 SIGI

DONY SAIFUL RUMAGIT (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XI IPS I SMA NEGERI 5 SIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dony Saiful Rumagit, 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Geografi Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas XI IPS I SMA Negeri 5 Sigi.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1)
Charles, Pembimbing (II) Amiruddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran
geografi berbasis masalah yang bersifat valid, praktis, dan efektif. Perangkat
pembelajaran yang ingin dikembangkan ialah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP), Buku siswa dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Jenis penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas XI
IPS I jumlah 17 siswa. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis statistik
deskriptif. Hasil penelitian ini ialah pengembangan perangkat pembelajaran yang
dikembangkan berdasarkam hasil validasi dari dua dosen ahli. Tahap validitas
semua perangkat pembelajaran berada pada nilai rata-rata meliputi, RPP 2,06
valid, Buku siswa 3,02 Valid dan LKPD 3,09 valid. Perangkat pembelajaran
dikatakan praktis diperoleh dari hasil keterlaksanaan perangkat pembelajaran
berada pada nilai rata-rata 3,42 dan berada pada kategori terlaksana seluruhnya.
Pengembangan perangkat pembelajaran efektif di peroleh dari hasil aktivitas
siswa yang diamati telah terpenuhi, kemampuan guru dalam mengelolah
pembelajaran dengan skor rata-rata 3,78 (kategori baik), respon siswa terhadap
Buku Siswa dengan respon positif 6 orang dan respon sangat positif 11 orang
dengan nilai presentase 100%, respon siswa terhadap LKPD dengan respon positif
8 orang dan respon sangat positif 9 orang dengan nilai presentase 100%. Rata-rata
hasil tes belajar sudah baik dengan kemampuan 65-100 berada pada kategori
tinggi sampai sangat tinggi.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran dan Pembelajaran Berbasis Masalah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131356
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item