LISA VITASARI (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah Siswa Kelas XI IPS SMAS Alkhairaat Bulubete Kabupaten Sigi. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Rumusan masalah penelitian yaitu, bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran geografi berbasis masalah yang valid, praktis dan efektif di SMAS Alkhairaat Bulubete Kabupaten Sigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran geografi berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan model Thiagarajan meliputi tahap Define, Design, Develop dan Desseminate. Subyek penelitian ini pada siswa kelas XI IPS berjumlah 13 orang di analisis dengan tehnik purpose sampling. Pengumpulan data menggunakan validasi perangkat pembelajaran, observasi keterlaksanaan perangkat, observasi kemampuan guru, observasi aktivitas siswa, angket respon siswa dan hasil belajar siswa. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran di analisis dengan mengunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas perangkat pembelajaran geografi berbasis masalah berdasarkan hasil pengamatan validator berada pada nilai rata-rata 3,32 atau kategori valid. Tingkat kepraktisan perangkat pembelajaran geografi berbasis masalah berdasarkan aspek pengamatan sintaks, sistem sosial dan prinsip reaksi dari hasil pengamatan observer berada pada nilai rata-rata 1,67 atau kategori terlaksana seluruhnya. Tingkat keefektifan perangkat pembelajaran geografi berbasis masalah berdasarkan hasil aktivitas siswa yang diamati telah terpenuhi, kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran dengan skor rata-rata 3 dan 4 (kategori cukup baik dan sangat baik) , respon siswa terhadap pembelajaran dengan 84,6% respon positif/sangat positif terhadap Buku Siswa dan 81,5% respon positif/sangat positif terhadap LKPD. Rata-rata tes hasil belajar siswa 65-100% atau kategori tinggi dan sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131358 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |