PENGGUNAAN BAHASA ALAY DI KALANGAN SISWA SMA NEGERI 1 SINDUE KABUPATEN DONGGALA

FARADITA (2020) PENGGUNAAN BAHASA ALAY DI KALANGAN SISWA SMA NEGERI 1 SINDUE KABUPATEN DONGGALA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Faradita, 2019. Penggunaan Bahasa Alay Di Kalangan Siswa SMA Negeri 1 Sindue Kabupaten Donggal, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Pembimbing I Gusti Ketut Alit Suputra.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk bahasa alay dalam percakapan Siswa SMA Negeri 1 Sindue Kabupaten Donggala. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk bahasa alay. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada empat teknik yaitu teknik dasar: teknik sadap, teknik lanjutan: teknik rekam, teknik catat. Untuk analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan model interaktif, dimana langkah pertama dalam analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Bentuk alay dalam bentuk kata yaitu kepo, masya, centes, rempong, jutek, meneketehe, woles, karlota, cemungut, anjo, pepsi, cius, keles, kenapose, kamseupai, modus. Bahasa alay dalam bentuk akronim yaitu gpl dan php. Bahasa alay dalam bentuk singkatan yaitu baper, nongki, gaje, mager, mantul, cumi, keten.
Kata kunci: Bahasa Alay, Peristiwa Tutur, Interaksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131573
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item