Penggunaan Kalimat Imperatif Dan Interogatif Oleh Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 3 Buko Selatan

NOLI MONALISA TINDABOLA (2020) Penggunaan Kalimat Imperatif Dan Interogatif Oleh Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 3 Buko Selatan. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Noli Monalisa Tindabola, 2019. Penggunaan Kalimat Imperatif dan Interogatif oleh Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Buko Selatan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I)Saharudin Barasandji dan (II) Laode Baisu.
Kata Kunci : Kalimat Imperatif dan Interogatif Guru, Bentuk, Fungsi.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk kalimat imperatif dan interogatif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Buko Selatan, dan (2) Bagaimanakah fungsi kalimat imperatif dan interogatif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Buko Selatan. Penelitian ini mendeskripsikan bentuk dan fungsi kalimat imperatif dan interogatif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Buko Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek penelitian kalimat guru yang mengandung makna imperatif dan interogatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, rekam dan catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif mengikuti konsep Miles dan Huberman meliputi (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat delapan bentuk kalimat imperatif dan 7 bentuk kalimat interogatif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Buko Selatan. Kalimat imperatif meliputi: (1) Bentuk perintah, (2) permintaan, (3) permohonan, (4) desakan, (5) persilaan, (6) larangan, (7) harapan, dan (8) umpatan. Bentuk kalimat interogatif meliputi: (1) bentuk interogatif apa, (2) siapa, (3) kenapa, (4) bagaimana, (5) berapa, (6) mana dan di mana, dan (7) kapan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131653
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item