NURAENY.N (2025) Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Berbantu Aplikasi Assemblr Pada Materi Ekologi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Nuraeny, N. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality
Berbantu Aplikasi Assemblr Pada Materi Ekologi untuk Meningkatkan Minat
Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pen getahuan Alam, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing I Mursito S.
Bialangi, Pembimbing II Moh Sabran.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Media
pembelajaran yang digunakan berbasis Augmented Reality berbantu aplikasi
Assemblr pada materi ekologi kelas VII K SMP Negeri 3 Palu. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK) mengacu pada desain Kemmis & Mc
Taggart yang terbagi menjadi 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VII K SMP Negeri 3 Palu yang berjumlah 30 siswa
terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan. Instrumen yang digunakan adalah
angket, lembar observasi, dan wawancara dengan siswa. Penelitian ini
menunjukkan peningkatan signifikan pada minat belajar siswa setelah penggunaan
media pembelajaran berbasis Augmented Reality berbantu aplikasi Assemblr. Hasil
observasi aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 72%, dan mengalami peningkatan
pada siklus 2 mencapai 84%. Hasil observasi aktivitas minat belajar siswa siklus 1
sebesar 70?n mengalami peningkatan pada siklus 2 mencapai 84%, dan tingkat
pencapaian minat belajar siswa pra siklus sebesar 56,5?rkategori rendah,
mengalami peningkatan pada pada siklus 1 mencapai 62,5?rkategori rendah
kemudian mengalami peningkatan lagi pada siklus 2 mencapai 79?ngan
kategori tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan
media Augmented Reality berbantu aplikasi Assemblr dapat meningkatkan minat
belajar siswa pada materi ekologi di kelas VII K SMP Negeri 3 Palu.
Kata Kunci: Minat Belajar, Augmented Reality, Assemblr.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131713 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |