NURAENY.N (2025) Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Berbantu Aplikasi Assemblr Pada Materi Ekologi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Nuraeny, N. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality
Berbantu Aplikasi Assemblr Pada Materi Ekologi untuk Meningkatkan Minat 
Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan 
Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pen getahuan Alam, Fakultas 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing I Mursito S. 
Bialangi, Pembimbing II Moh Sabran.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Media 
pembelajaran yang digunakan berbasis Augmented Reality berbantu aplikasi 
Assemblr pada materi ekologi kelas VII K SMP Negeri 3 Palu. Jenis penelitian ini 
adalah penelitian tindakan kelas (PTK) mengacu pada desain Kemmis & Mc 
Taggart yang terbagi menjadi 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu 
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek 
penelitian ini adalah siswa kelas VII K SMP Negeri 3 Palu yang berjumlah 30 siswa 
terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan. Instrumen yang digunakan adalah 
angket, lembar observasi, dan wawancara dengan siswa. Penelitian ini 
menunjukkan peningkatan signifikan pada minat belajar siswa setelah penggunaan 
media pembelajaran berbasis Augmented Reality berbantu aplikasi Assemblr. Hasil 
observasi aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 72%, dan mengalami peningkatan
pada siklus 2 mencapai 84%. Hasil observasi aktivitas minat belajar siswa siklus 1 
sebesar 70?n mengalami peningkatan pada siklus 2 mencapai 84%, dan tingkat 
pencapaian minat belajar siswa pra siklus sebesar 56,5?rkategori rendah, 
mengalami peningkatan pada pada siklus 1 mencapai 62,5?rkategori rendah 
kemudian mengalami peningkatan lagi pada siklus 2 mencapai 79?ngan 
kategori tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan 
media Augmented Reality berbantu aplikasi Assemblr dapat meningkatkan minat 
belajar siswa pada materi ekologi di kelas VII K SMP Negeri 3 Palu.
Kata Kunci: Minat Belajar, Augmented Reality, Assemblr.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131713 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

