Penggunaan Permainan Scrabble Untuk Mengembangkan Kosakata Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu

NURUL AZIZAH M. NASIR (2024) Penggunaan Permainan Scrabble Untuk Mengembangkan Kosakata Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstract:
This research is aimed at proving whether the use of Scrabble game can
develop the vocabulary of the eighth grade students of SMP Negeri 19 Palu. This
research used a quasi-experimental research design with a sample of 54 students
selected using a purposive sampling technique because the selected classes were
VIII B and VIII C. In gathering the test, the instrument used was a vocabulary test
administered twice as pre-test and post-test. The pre-test was given to the
experimental and control groups before the treatment while the post-test was
carried out to the experimental and control groups after the treatment. The mean
score of the experimental group on pre-test was 39.77 and the control group was
46. Then, the mean score of the experimental group on post-test was 77 and the
control group was 59.57. The data were statistically analyzed using the t-counted
formula with degrees of freedom (df) = Nx + Ny - 2 = 26 +28 - 2 = 52. The
findings show that the t-counted value is 5.896 while the t-table value is 2.006. It
means that the t-counted is higher than the t-table. Therefore, the research
hypothesis is accepted. It includes that Scrabble game can develop the vocabulary
of the eighth grade students of SMP Negeri 19 Palu. The implication of this
finding is that teachers need to use Scrabble game in teaching vocabulary
designed to make students actively participate and enjoy learning English in the
classroom.

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah penggunaan
permainan Scrabble dapat mengembangkan kosakata siswa kelas VIII SMP
Negeri 19 Palu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen
dengan sampel sebanyak 54 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik
purposive sampling karena kelas yang disediakan adalah kelas VIII B dan VIII C.
Dalam pengumpulan tes, instrumen yang digunakan adalah tes kosakata yang
diberikan sebanyak dua kali yaitu pre-test dan post-test. Pre-test diberikan
kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum perlakuan,
sedangkan post-test dilakukan kepada kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol setelah perlakuan. Nilai rata-rata kelompok eksperimen pada pre-test
adalah 39,77 dan kelompok kontrol adalah 46. Kemudian, nilai rata-rata
kelompok eksperimen pada post-test adalah 77 dan kelompok kontrol adalah
59,57. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus t-hitung dengan
derajat kebebasan (df) = Nx + Ny - 2 = 26 +28 - 2 = 52. Temuan menunjukkan
bahwa nilai t-hitung adalah 5,896 sedangkan nilai t-tabel adalah 2,006. Ini
berarti t-hitung lebih tinggi dari t-tabel. Oleh karena itu, hipotesis penelitian
diterima. Hal ini berarti bahwa permainan Scrabble dapat mengembangkan
kosakata siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Implikasi dari temuan ini adalah
bahwa guru perlu menggunakan permainan Scrabble dalam mengajarkan
kosakata yang dirancang untuk membuat siswa berpartisipasi aktif dan menikmati
belajar bahasa Inggris di kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131792
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item