Penggunaan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas Delapan SMP Negeri 19 Palu Dalam Menulis Teks Recount

EDWIN (2022) Penggunaan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas Delapan SMP Negeri 19 Palu Dalam Menulis Teks Recount. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Edwin A 121 14 072. Penelitian ini berjudul Penggunaan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu Dalam Menulis Teks Recount. Di bawah bimbingan Sriati Usman.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas mind mapping dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa, khususnya teks recount, pada siswa kelas delapan di SMP Negeri 19 Palu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dimana kelas VIII A terdiri dari 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B terdiri dari 23 siswa sebagai kelas kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan menerapkan teknik Mind Mapping sedangkan kelompok kontrol diajar dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan datanya adalah tes tertulis. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks recount menggunakan mind mapping membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan juga memberikan pengaruh yang signifikan kepada siswa terhadap keterampilan menulis siswa. Peneliti percaya bahwa menggunakan mind mapping lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks recount siswa. Dengan menggunakan mind mapping, siswa dapat menemukan dan mengumpulkan ide-ide mereka dan menyusunnya menjadi sebuah tulisan yang baik. Peningkatan keterampilan menulis siswa juga didukung oleh hasil nilai ujian. Terbukti dengan membandingkan skor antara t-hitung dan t-tabel, dimana hasil t-hitung (1,99) lebih besar dari t-tabel (0,008). Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan mind mapping efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks recount siswa dan hipotesis penelitian ini diterima. Implikasi dari temuan tersebut adalah guru dapat menerapkan strategi mind mapping pada teks jenis lain dan juga menggunakan berbagai media dan kegiatan yang menyenangkan selama pelaksanaannya dan juga siswa harus mendorong kreativitas mereka untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik.

Kata kunci: Menulis, Keterampilan, Mind Mapping, Teks Recount.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/131849
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item